Membuat scrapbook: scrapbook for babies

4/11/2015 08:45:00 PM


Hai! Saya kembali lagi dengan tema baru yang belum pernah ada di Scrapterra! Scrapbook for babies. Wait, maksudnya apa ya? Jadi dipikir-pikir banyak teman-teman saya yang sudah menjadi tante/om memiliki keponakan bayi yang imut atau bahkan sudah ada yang jadi orang tua (saya punya keponakan yang sudah smp, saya juga belum nikah jadi saya bukan keduanya haha) pasti pengen buat sesuatu untuk sang Bayi yang mau ulang tahun. Scrapbook ini dibuat oleh scrapbook-mate saya, Nadya Ellysa a.k.a Echa (dia juga yang buat scrapbook anniversary untuk orang tuanya, jadi saya beri gelar Ratu Scrapbook Keluarga) 

Jadi ini adalah scrapbook yang dibuat untuk merayakan ulang tahun pertama si dede bayi. Scrapbook yang saya bahas ada 2 scrapbook. Kkebetulan echa buat dua untuk dua keponakannya pas ulang tahun pertama. tanpa basa-basi lagi kita bahas ...


Menarik! ini halaman pertama di kedua scrapbooknya. O ya secara singkat ini perbedaan kedua scrapbook:
  • Scrapbook Asha: Ukuran kertas A5, Kertas samson coklat, termasuk ke scrapbook ring-tidak memakai ring justru menggunakan tali. bukunya bukan buat sendiri, beli di salah satu toko di Mall Taman Anggrek.
  • Scrapbook Nara: Ukurannya sesuai dengan lipatan karton (contoh: karton dilipat menjadi 6 bagian), scrapbook dijilid ring. Covernya menggunakan kertas motif, pita dan hiasan bebek
Kalau Scrapbook Asha, halaman pertamanya adalah foto cap kaki, kalau Nara menggunakan foto keluarga studio bersama mama-papanya.


Untuk halaman pertamanya, kalian bisa isi dengan first photos. foto-foto yang diambil pertama kali saat si bayi baru lahir. Untuk Asha, bisa dilihat sendiri ini benar-benar foto pertama saat baru lahir. kalau untuk Nara, kumpulan foto saat masih beberapa minggu dan sebelah kanan ini favorit saya, foto USG! ini bisa ditempel juga. Jadi, saat mereka sudah besar mereka bisa lihat foto mereka saat masih di janin mamanya


Konsep penting saat membuat scrapbook babies adalah urutan perbulan! sebelah kiri bagian satu bulanan Asha. karena bukunya juga kecil makanya fotonya pun tidak bisa banyak. untuk Nara, bisa ditempel cukup banyak foto karena space nya aga besar
untuk selanjutnya saya akan membahas scrapbook nara dulu:
kenapa saya frame foto ini, di scrapbook ini penempetan umur bulan dede bayinya kurang sistematis that's why untuk umur 2,4,5 bulan saya satukan. memang harus rajin foto setidaknya hihi







wow sudah setengah bulan lagi! untuk hiasannya biasa sesuai dengan warna baju yang dikenakan di foto. nuansa pink sangat kental disini.





sampai juga di umur 12bulan atau SATU TAHUN! bisa dihias dengan kumpulan gambar kue dan foto-foto menjelang umur 12 bulan
 Sekarang saya akan membahas Scrapbook Asha ...


Kalau yang ini saya sempet bantu Echa buat, dan kalau yang ini sistematis dengan penempatan foto-foto sesuai umur bulan. dari gambar sampai pake macam-macam hiasan untuk nulis angka umur bulan.

angkanya bisa potong di majalah lalu 'bulan'nya ditulis tangan. hiasannya bisa pakai gambar-gambar lucu

biasanya saat moto dede bayi pasti lebih dari satu klik, ide bagus bisa diprint dengan berbagai gaya. ini contohnya, dihias manis dengan kancing dan pita atau sedang kehabisan ide mau nulis apa di scrapbook, bisa juga menggunakan metode ini: menempel foto yang seragam








Setiap judul bulan menggunakan metode menghias yang berbeda-beda. yang ini unik pakai kertas scrap lalu ditulis pakai marker


Yang ini jangan lupa, bila si adik bayi punya kaka, jangan lupa tempelkan foto bersama sama si kaka atau sepupu yang seumuran, foto bermain bersama. Bisa juga foto main bersama mama / papa / keluarga lainnya.

Kalau kalian senang gambar, bisa juga judul bulannya digambar satu-persatu. oia, jangan lupa menempel foto momen-momen penting seperti makan bubur pertama! atau juga bisa momen aqiqah, main ke pantai atau rekreasi pertama

gunakan Post it dan Paper block untuk menulis cerita di scrapbook!






Happy Birthday to baby Asha! kalau yang ini Echa menulis ucapan (walaupun singkat) serta foto bersama. Foto yang digunakan pun sangat manis, saya sangat suka bagian ini! jadi jangan lupa tulis ucapan serta doa untuk si dede bayi walaupun nanti saat 7tahun dia mulai bisa baca surat tapi tetaplah penting agar dia tahu kita mendoakannya selalu hehe ...


Setelah melihat contoh dua scrapbook selanjutnya, ini yang kalian akan butuhkan saat membuat scrapbook for babies.
  • Sortir foto, ini langkah paling pertama! sortir foto dari foto usg (kalau ada), foto pertama saat lahir, umur per bulan. sortir di laptop sehingga kamu tahu kira-kira jumlah foto yang akan diprint.
  • pemilihan buku. bisa membeli buku biasa yang dihias atau membuat sendiri. bisa lihat disini
  • belanja hiasan! Hiasan yang digunakan berbeda dengan membuat scrapbook untuk orang dewasa. STICKER! Ini sangat khas dengan anak-anak, baru bisa ditambah dengan pita atau kancing. 
 

Untuk scrapbook bayi/anak-anak, menurut saya sebisa mungkin colorfull. jika tidak menggunakan kertas origami / kertas motif bisa juga menggunakan kertas scrap. lalu bisa juga untuk bagian 12bulan bisa juga menggunakan kartu ucapan yang ada gambar kue untuk hiasannya


STICKER! memang sticker elemen penting. bahkan bisa digunakan sebagai bingkai foto. tips: kalau yang berdomisili di Bandung coba belanja sticker di Toko ATK singgalang atau ruko di Cibadak. jika beli banyak harganya bisa lebih murah



masukan juga momen saat menangis atau lagi tertawa


seperti yang sudah bilang, kalau bingung bagaimana menghiasnya. bisa juga memilih hiasan dan background yang warnanya sama dengan warna baju yang dikenakan di foto.

Saya sendiri belum ada kesempatan untuk membuat scrapbook seperti ini, tapi Thank God ada temen saya yang pernah membuatnya yang saya bisa share buat temen-temen yang mungkin mau buat scrapbook for babies....

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!
XXX

You Might Also Like

0 comments

Subscribe