Ekspedisi Perpustakaan : Kineruku

1/17/2018 02:31:00 PM

Because I'm the kind of girl who fantasizes about being trapped in a library overnight. Scrapterra kali ini kembali membahas Eskpedisi Perpustakaan. Perpustakaan yang saya kunjungi kali ini adalah Kineruku. Kineruku merupakan salah satu perpustakaan swasta yang berada di kota Bandung. Kineruku beralamat di jalan Hegarmanah 52 Bandung (dekat dengan Secapa AD). Kalau boleh jujur untuk referensi pribadi, ini adalah perpustakaan paling bagus di Bandung. Tenang, satu kata yang dapat menjelaskan perpustakaan ini. 

Di Kineruku teman-teman dapat mendapatkan berbagai sumber referensi dari buku, musik dan film. Buku-buku yang disediakan adalah buku mengenai sastra, sosiologi, budaya, sejarah, arsitektur, seni, desain, filsafat bahkan buku-buku untuk anak-anak dari Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Buku-Buku ini ditaro dari rak yang dibuat sangat unik! Dengan menggunakan plank kayu dan paving blok. Saya sendiri sangat puas dengan koleksi buku sejarahnya karena saya bisa menemukan beberapa buku sumber yang sempat saya gunakan waktu membuat jurnal tugas akhir kuliah (sedikit curhat colongan hihi)

Untuk Jam Buka Kineruku :
Senin-Rabu-Kamis s/d Sabtu : jam 10.00 s/d 20.00 WIB
Minggu : jam 11.00 s/d 18.00 WIB
Selasa   : Tutup


Setiap pengunjung mau anggota atau bukan wajib menitipkan tas di loker. Untuk tahu loker yang kosong pasti tergantung kuncinya. Penyewaan loker tidak dipungut biaya. 




Saat masuk kedalam, disana tersedia meja dimana teman-teman bisa mendaftar menjadi anggota Kineruku. Persyaratan menjadi anggota adalah membawa KTP dan mengisi formulir. Didalam formulir kita harus mencantumkan nomor telefon kerabat yang bisa dihubungi (ini sebagai bentuk antisipasi jika seorang anggota telat mengembalikan buku pinjaman). Saat mendaftar saya mencantumkan nama dan nomor telefon rumah dan nomor ponsel ibu saya, dan pihak Kineruku pun langsung mengkonfirmasi dengan menelefon ibu saya.

Ada dua jenis keanggotaan di Kineruku, yaitu A dan B. Keanggotaan Kineruku bersifat seumur hidup. Keanggotaan dapat digunakan hanya oleh pemegang kartu anggota. Artinya tidak dapat dipindahtangankan atau dipakai orang lain.
  • A untuk meminjam buku-buku berlabel kuning , biaya pendaftaran untuk keanggotaan A adalah Rp 45.000,00
  • B untuk buku-buku berlabel kuning dan biru , biaya pendaftaran untuk keanggotaan B adalah Rp 95.000,00.

Ketika meminjam buku/musik/film koleksi Kineruku, anggota membayar ongkos sewa (rental) yang besarnya berbeda sesuai dengan item yang dipinjam tergantung jenis item. Untuk buku dan musik lama peminjaman adalah dua minggu (14 hari). Untuk film, 3 hari. Satu anggota bisa meminjam maksimal 3 buah item (gabungan antara buku, musik, dan film). (sumber: https://kineruku.com



Kalian bisa menemukan berbagai stationary unik, ada notebooks, stiker, totebags atau kartu ucapan, kartu pos di meja depan - meja pendaftaran anggota.  


Salah satu kartu pos terbagus tentang Bandung yang pernah saya lihat, dan sampai sekarang saya sangat menyesal kenapa waktu itu gak beli :( 




Kineruku juga menjual buku-buku, salah satunya yang menarik mata saya adalah buku Max Havelaar oleh Multatuli - buku yang harus dibaca saat kuliah -  dan ada juga cd-cd lagu bahkan sampai piringan hitam pun dijual. Kebanyakan yang dijual adalah buku-buku fiksi.


Ruang baca kineruku terbagi tiga bagian, bagian pertama yang menyatu dengan rak-rak penjualan buku-cd dan ada di ruangan dalam yang menyatu dengan rak-rak cd lagu yang bisa disewa dan ada di teras luar – untuk smoking area.
Kineruku sendiri tidak hanya sebuah perpustakaan tapi selagi membaca temapn-teman bisa memesan minuman atau camilan. Menunya memang tidak banyak tapi minumannya pas buat teman baca atau sekedar diskusi.


Ini rak berisi buku-buku cerita atau buku bacaan untuk anak-anak. Buku yang disediakan lebih banyak dalam bahasa inggirs. Disamping kiri rak tersebut ada keranjang anyaman , keranjang tersebut berfungsi sebagai tempat jika buku sudah dibaca harus ditaru di keranjang, tidak dikembalikan sendiri (kecuali jika teman-teman benar-benar masih ingat ditaro dimana)


FYI Guys, jika benra-benar mau mencari buku referensi untuk penelitian atau tugas, teman-teman bisa cek dahulu di https://kineruku.com/library/ disana bisa dilihat daftar buku , musik atau film yang kineruku miliki. 


Selain itu Kineruku memiliki koleksi berbagai  CD musik dan film yang tertata rapi di antara rak-rak kayu. Di ruangan ini teman-teman bisa menemukan bagian referensi sejarah dan filsafat. Saya belum sempat duduk disini karena selalu penuh dan dibandingkan ruangan lainnya disini lebih tenang.  


Ini adalah halaman belakang dari Kineruku. Sebelah kiri adalah masih bagian dari Garasi Opa



Secangkir Hot Thai Thee menemani saya. Buku yang saat itu saya baca adalah buku Matilda. Saat kedua kalinya saya datang bersama ibu saya. Bahkan ibu saya mengakui bahwa Kineruku termasuk kategori tempat yang 'PW' hehe. Tips kalau kesini sebaiknya menggunakan trasportasi online karena tidak dilalui kendaraan umum sama sekali. 

MARI MEMBACA BUKU!
MARI KE PERPUSTAKAAN!


You Might Also Like

1 comments

  1. Wah sangat cozy dan menginspirasi sekali. Saya juga punya perpusatakaan "kecil-kecilan" di rumah. Ada ruang khusus yang emang isinya banyak buku sampai ada dua rak buku besar dan rak buku kecil baru yang saya beli di Toko ACE Hardware bulan lalu. Kapan-kapan mampir ke situ kalik yaaaaa.

    ReplyDelete

Subscribe