membuat scrapbook: scrapbook for echa

7/27/2012 09:49:00 PM


HALOO!! I'M BACK .. btw kali ini saya akan posting lagi tentang ....

Scrapbook yang ini adalah scrapbook yang saya buat untuk sahabat saya, Nadya Ellysa Fitriaina a.k.a ECHA. Rampung sekitar Agustus/September 2009 padahal ulang tahunnya April 2009 namun waktu itu sibuk UAN-SNMPTN dan ini scrapbook kedua yang saya buat adalah scrapbook yang dulu paling "wah" soalnya sepenuh hati banget bikinnya :""")



Untuk covernya, kali ini saya beli. Banyak banget tipe covernya sampe pengen beli semuanya. Kalian bisa beli di Paper Studio atau di Cascade Factory Outlet. Untuk membuat scrapbook yang ini kertas yang digunakan adalah karton, jadi disiapkan dulu kertas kartonnya, kemudian covernya juga. Kemudian dibawa ke penjilidan dan dijilid ring. INGET!! sebelum diisi, dijilid dulu supaya rapih dan ga susah.
RINCIAN BIAYA: COVER (Sekitar 10.000 x 2 = Rp. 20.000); KARTON (Rp 2000/Lembar); JILID RING KAWAT (5000 S/D 10000)



 


1. Di belakang cover depan dan cover belakang ditempellin beberapa potongan gambar dari majalah bekas. salah satu cara untuk menekan biaya  :) lucu dan hemat hehe. kalo sudah ditempel saya kasih lap ban bening ukuran besar, tujuannya agar tidak rusak dan agak mengkilat dan awet.
2. Kemudian halaman pertama diisi "HAPPY BIRTHDAY" beserta foto Echa yang "ga cantik" hahaha. Ini sebenarnya foto candid dan Echa ga tahu kalau fotonya bakal dicetak.













Halaman berikutnya bisa ditempel "wish list". Setiap ulang tahun pasti punya wishes yang ingin dikabullin kan ... Siapin tempat juga untuk bisa ditulis, bisa juga sediain scpace untuk tulis flashback di umur sebelumnya. Jadi intinya siapin space untuk bisa ditulis oleh orang yang kita kasih scrapbook. Namun hal ini ga harus ko :)  kadang ada orang kan yang suka males nulis dan seneng dilihat aja scrapbooknya.

 
Halaman selanjutnya diisi dengan ucapan dari sahabat-sahabat Echa. Tulisan "HAPPY BIRTHDAY ECHA" itu dibuat dari tulisan-tulisan di majalah terus digunting dan ditempel. Bisa juga ditempellin foto-foto masa kecilnya, semacam foto metamorphosis.
Ps: tulisan yang pake tinta abu-abu itu tulisan Echa. jadi sebelum dikasih tidak ada corat-coret pulpen abu-abu tersebut :D



TENTU SAJAA ... Bagian yang terpenting adalah foto. Foto yang digunakan bisa lebih dari 100 (untuk saya sendiri) . Isi foto-foto dengan teman-temannya. bisa temen sd-smp-sma atau teman dirumah dan bisa juga foto sama keluarganya. Kebetulan saya kasih scrapbook ini setelah kelulusan sma. jadi banyak foto-foto yang bisa ditempelkan.
Kalau pas liburan punya foto bareng-bareng bisa juga ditempellin atau fotobox yang ukurannya kecil pun bisa. toh setiap foto pasti ada cerita




Sisipkan di beberapa halaman tentang temanmu. sekalian minta ucapan ulang tahun dari teman tentu saja sekalian minta pendapat mereka tentang orang yang akan kamu kasih scrapbook. pasti teman kalian akan ketawa-ketawa sendiri ketika membacanya.






Ucapan ulang tahun adalah bagian terpenting. untuk mempercepat pengerjaan gunakan kertas spektra warna-warni atau HVS putih pun bisa untuk dibuat jadi kertas ucapan. saya keliling tiap kelas untuk minta ucapan bahkan ke beberapa teman SMP Echa. semakin banyak ucapan semakin bagus loh. bisa juga via facebook/DM Twitter/sms untuk minta ucapan dari teman-temannya ketika susah untuk ketemu. tapi selama masih bisa ketemu, lebih baik minta ucapan secara langsung.
Untuk Scrapbook ini saya banyak memakai Kancing sebagai aksesoris pemanis dan pita-pita. scrapbook ini kira-kira habis Rp150.000,00. mahal karena saya cetak foto yang banyak.
karena saya pakai karton hitam, kebetulan saya gagal mendapatkan pulpen gel abu-abu muda jadi saya banyak pake kertas-kertas. tapi bisa pake juga krayon putih/ pensil warna putih untuk gambar-gambar kecil sebagai hiasan.
MARI KITA MEMBUAT SCRAPBOOK !!


x


You Might Also Like

2 comments

Subscribe