membuat scrapbook: how to make a pop up card

3/05/2013 09:58:00 AM


Hola! kali ini saya akan membahas mengenai how to make a pop up card. kebetulan saya sempat membuat pop up card di salah satu bagian scrapbook saya. kalau kalian pernah membuka posting saya tentang scrapbook revisi pasti tidak asing dengan foto dibawah ini hohoho :D bingung untuk halaman awal scrapbook kalian?? mungkin pop up card bisa jadi salah satu solusinya


maka kali ini akan bahas HOW TO MAKE A POP UP CARD


yang kita butuhkan:
karton
koran/majalah
kertas origami/kertas kado
gunting-lem UHU-solasi-gunting
penggaris

yang dimaksud dengan scrapbook sebelumnya adalah scrapbook yang telah saya buat tutorialnya di scrapbook akordion. maka dapat disimpulkan untuk ukuran pop up card itu relatif bagaimana ukuran scrapbook yang kita hendak buat. namun pada prinsipnya untuk memudahkan ukuran pop card sama dengan p(-2cm) x l(-2cm). contoh: 21cm(-2cm) x 30cm(-2cm) = 18cm x 28cm




seperti ini kita menggunting kartonnya, hanya bagian kiri-kanannya!




kemudian karton dimasukan ke sisi dalam agar membentuk sumbu sehingga kalau dibuka maka secara otomatis dia akan berdiri sendiri







ini adalah tampak depna-samping kalau kita buka pop-up cardnya, setelah selesai membuat bagian kartunya kita, kemudian kita lem karton tersebut di scrapbook. sebaiknya menggunakan lem uhu karena tidak akan berbekas-tidak akan basah-tidak meninggalkan  bekas


langkah berikutnya kita menyiapkan gambarnya. saya memilih tema pemain sepakbola maka saya mencari gambar-gambar tersebut di koran olahraga. namun sebaiknya teman-teman mencari gambar yang hendak ditempel di majalah-majalah karena kualitas gambarnya lebih bagus ketimbang mengambil dari koran. alternatif lainnya kita meng-googling beberapa gambar dan kita print sendiri gambarnya, tergantung selera kalian sendiri ...



kemudian kita tempel di pop up cardnya. kita harus pintar-pintar memilih gambar karena harus sesuai dengan ukuran karton pop-upnya. jika kertas gambar terlalu tipis kita bisa lem terlebih dahulu gambar di kertas HVS kemudian gunting dan tempel di karton pup up agar cukup tebal sehingga dapat berdiri.




untuk menutupi sisi-sisi saya menggunakan potongan kertas origami agar tidak terlihat sisi potongan guntingan. tidah harus menggunakan kertas origami, kertas kado pun bisa digunakan, tergantung selera dan keinginan :D
karena terlalu sepi saya tambahkan beberapa tulisan-gambar di pop-up cardnya. saya menggunakan crayon warna putih. bisa ditambahkan dengan tulisan "Happy Birthday" atau "Happy Anniversary"

HASIL AKHIRNYA!!



anyway, welcome March! saya sendiri berharap semoga saya semakin sering posting tentang scrapbook. MARI MEMBUAT SCRAPBOOK xxxx



You Might Also Like

9 comments

Subscribe