membuat scrapbook: how to make a scrapbook akordion

1/17/2013 01:17:00 PM

Pada kesempatan lalu saya sempat posting tentang scrapbook akordion. kali ini saya akan share tentang how to make a acordion-scrapbook. kalo dihitung sama yang ini, maka saya sudah 3 kali bikin bukunya (satu untuk adik saya yang mau bikin scrapbook) dan satu lagi buat echa yang lagi bikin scrapbook juga.
kalau misalkan kalian males buat ke tukang jilid buat jilid bukunya atau beli buku lainnya, ini alternatif yang bagus ko :D lumayan mengisi waktu senggang kalo lagi libur ....



What do you need:
- Karton
- Kertas Karton
- Lem dan Lakban
- Kertas Kado
- Gunting dan Cutter



bagian ini yang menurut saya agak susah dideskripsikan, tapi saya harap teman-teman mengerti :)
1. karton yang saya beli ukurannya 84cm x  60 cm, kemudian dilipat ke bawah atau ke atas sehingga lebarnya menjadi 30 cm. sesudah itu potong dengan cutter sehingga kita memiliki 2 bagian karton (karton A & karton B)
2. ambil salah satu karton kemudian kita lipat menjadi dua, sehingga panjangnya akan menjadi 42cm.
3 & 4 tampak depan lipat ke samping kiri, tampak belakang lipat ke samping kanan (lipatan karton menyerupai kipas) maka masing2 karton akan berukuran: 21cm x 30 cm
LAKUKAN LAGI DI KARTON SATUNYA LAGI.
hasilnya kita akan mendapatkan 8 halaman di depan, 6 halaman di belakang.


ini bentuk karton yang sudah dilipat menjadi dua (30cm x 84cm) bisa dilihat sumbu-sumbu lipatannya


kemudian step 2 adalah menyatukan bagian Karton A dengan Karton B, untuk menyatukan hanya bisa dengan lapban ukuran besar, tidak bisa dengan double tip-lem. prinsipnya sama seperti kalo kita menempel uang kertas yang robek.
lapban ga harus warna coklat, lapban bening lebih bagus. kalo kita pakai lapban hitam menurut saya kurang bagus karena lebih tebal . seperti digambar atas atau ilustrasi dibawah:
kalo sudah dilapban, lipat kertasnya agar tidak kaku.



kalau karton ukurannya: 21cm x 30 cm maka ukuran cover kardusnya : 23cm x 32cm. 


Setelah itu kita lanjut ke proses penyampulan. untuk sampul kita bisa pakai kertas kado. pilihlah kertas kado yang bahannya bukan kertas biasa, maksudnya ada kan kertas kado yang mengkilat bahannya agak bagus. tapi kalo yang biasa sebaiknya sampul dobel dengan plastik supaya ga cepet rusak. kalo tahap ini ga usah diukur, disesuaikan saja yang penting menutupi kardusnya





setelah cover kardus sudag disampul maka lanjut ke penempelan karton dengan kardus. bisa pakai lem fox-uhu atau double tip.


1&2 posisi karton dan kardus seperti hamburger. 2 cover seperti roti burger , karton isi burger :D
3. lem sisi karton, beri lem diseluruh sisi cover dan bagian tengahnya
4. tempelkan karton ke cover, kemudian lap kartonya agar semakin menempel 
5. maka karton pun menempel :D lakukan kembali di cover satunya kembali

langkah terakhir adalah menutupi lapban perekat yang tadi, lapban kita tutupi dengan ditempel kertas kado, atau kertas apapun. bisa juga dengan kertas lipat, sesuai selera saja yang penting tersampul


1. siapin kertas kado yang mau kita gunain dan ukur sisi lapban yang menempel. lapban yang menempel disatu sisi ukurannya 3cm, dan disisi belakangnya pun 3cm.
2. ukur di belakang kertas kadonya, 3cm x 30cm sebanyak dua kali (6cm x 30cm), kemudian gunting
3. tempel kertas kadonya di lapban tersebut dengan lem, lakukan kembali untuk menutupi halaman belakangnya
maka selesailah membuat scrapbooknya !!

ESTIMASI BIAYA: Karton (Rp 2500,00) + Kertas kado (Rp.3000,00) = Rp.5500,00
itu dluar kita beli lem dan kardus dan lapban.

echa dengan scrapbook :D

By the way, waktu pengerjaan ini saya buat di rumah echa, dan kebetulan sahabat saya juga yang lain di SMA, ayip dzhuri datang juga maka reuni mendadak pun tak terelakan. rasanya kalo sama mereka waktu itu "sebentar" ketawa-ketawa bareng dan cerita-cerita. this is our quality time, precious quality time. waktu sma pun kita pernah foto betiga ditempat yang sama dan kursi yang sama haha ... kebetulan banget :""")


MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!!

You Might Also Like

2 comments

Subscribe