Membuat scrapbook: scrapbook anniversary orangtua

2/19/2015 01:50:00 PM




Halo! Long time no see teman-teman scrapbooker, kali ini akan saya akan membahasa scrapbook yang sama sekali belum pernah bahas, scrapbook untuk hadiah anniversary orang tua! Kebetulan sahabat saya, Echa yang membuat scrapbook ini. Biasanya saya sering membuat contoh konten yang bisa dimasukan ke dalam scrapbook anniversary, kali ini saya akan membahas keseluruhan scrapbook dari A - Z...


Inilah bentuk fisik scrapbooknya. deskripsi lengkapnya:
1. Scrapbook: Scrapbook jilid ring
2. Cover: kertas kado yang didobel dengan karton lalu ditempel kain flanel
3. Dipasang pita pada bagian belakang buku sehingga buku bisa diikat
4. Kertas yang digunakan adalah karton merah dengan perbandingan 1:1


Begitu buku ini dibuka, inilah tampilan awalnya. Tampilan ini mengingatkan komposisi halaman depan Buku Nikah yang biasanya terdapat dua foto pasangan, foto pas foto. (1) Lalu untuk hiasannya digunakan paper block yang biasa digunakan untuk alas kue di toples :D ... dicantumkan pula nama orang tua masing-masing serta date of birthday.. 

TIPS: Tulisan Love ini hasil Googling kemudian print biasa. Kalian juga bisa dengan mencoba judul 'wedding' 'anniversary' atau 'love' dalam bahasa lainnya, seperti Bahasa Perancis, Belanda atau Arab mungkin lalu diedit sebagus mungkin (bisa dengan Photoshop atau Words) lalu di print :)

Pertama-tama Echa menggunakan judul 'How I met Your Mother' untuk awal cerita bagaimana pertemuan orang tuanya. Kalian juga bisa menggunakan Google maps yang di Print Screen kemudian Paste di Words untuk peta daripada menggunting atlas. 


Untuk masalah foto, ini tipsnya: scan terlebih dahulu foto-foto lama, lalu di print. Biasanya foto-foto ini disimpan di buku album

Halaman berikutnya: Foto saat masih muda, bisa juga cerita pada masa pacaran. jangan lupa sertakan info tempat, tahun foto tersebut dibuat. Jangan sungkan buat iseng-iseng bertanya sama orangtua, ya sekedar bertanya saja toh mereka ga akan curiga kalau kalian sedang membuat scrapbook untuk hadian anniversary

Tentunya elemen penting di scrapbook anniversary: WEDDING DAY. 


Kemudian setelah bagian wedding day, bab selanjutnya adalah kelahiran anak-anak. 

 

Scrapbook ini mirip album foto yang rentetan peristiwanya disusun secara berurutan dari awal pertemuan sampai detik ini. Jika dilihat-tidak terlalu banyak kata-kata untuk deskripsi kalimat karena sebenarnya yang lebih mengetahui 'cerita' lengkap di balik foto-foto lama ini adalah orang tua kita sendiri. Setelah PDKT-Pacaran-Pernikahan-Kelaharian anak-anak , kalian bisa menambahkan foto 'dari masa ke masa' bagaimana keluarga kalian berjalan seiring waktu kemudian kalian juga bisa menambahkan foto-foto saat liburan keluarga juga ( foto-foto liburan seperti 2 foto dibawah ini )




Ide lainnya untuk scrapbook anniversary ini adalah memasukan lagu cinta kesayangan orang tua. Selain itu mungkin bisa dimasukan puisi, atau doa untuk kedua orang tua 


 Ini foto-foto 'masa sekarang'


Menuju bagian akhir, bisi diisi dengan ucapan dari anak-anak untuk anniversary orang tuanya. Echa membuat amplop dari kertas kado ( kertas kado yang sama digunakan untuk cover buku ). Kemudian surat ucapan dimasukan ke dalam amplop yang ditempel di scrapbook.



Bagian penutup diisi dengan foto yang komposisinya sama dengan bagian awal, bedanya foto kali ini adalah foto saat masa muda. Temanya sama seperti film Benjamin Button. Selain itu saya juga sempat googling saat mencari ide buat tutorial, saya menemukan ini ( foto dibawah ini ), bisa buat contoh penempatan foto di scrapbook anniversary kalian :



Ini halaman terakhir, Ini bukan sekedar tablet. Tablet ini ada isinya, isinya adalah wishes dari Echa untuk orang tuanya. Kalau ini opsional, kenapa? Karena biasanya orang tua sudah mulai susah membaca tulisan yang ditulis kecil apalagi kalau menulis surat yang dimasukin ke tablet ini harus ditulis di kertas kecil...

 Inilah bentuk fisik scrapbooknya. deskripsi lengkapnya:
1. Scrapbook: Scrapbook jilid ring
2. Cover: kertas kado yang didobel dengan karton lalu ditempel kain flanel
3. Dipasang pita pada bagian belakang buku sehingga buku bisa diikat
4. Kertas yang digunakan adalah karton merah dengan perbandingan 1:1
foto
1. Mengumpulkan foto terlebih dahulu lalu scan (karena menggunakan foto lama yang biasa disimpan di foto album )
2. Bisa diedit terlebih dahulu atau langsung print

Cara menghias
1. Echa secara konstan menggunakan warna-warna yang senada dengan kertas: merah. dari kancing, stik es krim, pita dan hiasan lainnya. 
2. Gunakan kertas kado sebagai background foto-foto sebagai alternatif jika tidak punya origami motif dan menggunakan kertas pattern block yang biasa digunakan alas toples kue-kue kering.
3. Kertas-kertas yang digunakan menghias didapat dari gambar-gambar Tumblr yang di print dengan kertas hvs putih biasa.


Tada... she is not only my best friend but she is my scrapbook-mate too. Echa beserta scrapbook-scrapbooknya yang dia dapat dari saya. Meskipun kami sama-sama membuat scrapbook tapi gaya menghias scrapbook kami berbeda ... Semoga tutorial ini membantu!

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!!

anyway, Selamat Tahun Baru Cina! Gong Xi Fa Chai

You Might Also Like

1 comments

Instagram

Twitter

E-mail

E-mail

Subscribe