Membuat Scrapbook: Membuat Peta di Scrapbook

8/19/2017 04:04:00 PM


Halo! Lagi semangat buat tambah tutorial di blog lagi. Sepertinya postingan tahun ini akan lebih banyak dari tahun lalu (yang jumlahnya hanya dua T.T ) , sebenarnya bahan tutorial ini sudah dibuat dari tahun 2014, iya 3 tahun kemudian baru saya posting karena banyak alasan. This time I want to tell you how to make a map on your scrapbook in different way, wait.. how? 


Kali ini saya menggunakan potongan kain. Ide ini saya dapat saat lagi brainstorming buka We Heart It terus lihat ini! kartu dengan sampul peta Amerika Serikat. Sebenarnya saya ga tahu si pembuat katu ini menggunakan bahan apa tapi saya entah kenapa pengen aja pakai potongan kain. Cari hal baru


Yang kalian butuhkan:
1. Peta dari atlas , kertas minyak warna putih dan spidol
2. Gunting dan lem Uhu
3. Kancing
4. Potongan Kain
untuk kain memang saya suka beli kain motif meteran karena buat alas kalau bikin tutorial. tips saya kalian coba ke tukang jahit dekat rumah beli / minta kain sisa , biasanya mereka punya banyak macam-macam kain bekas sisa jahitan.



STEP 1
Taruh kertas minyak di atas peta jawa (atau peta daerah/negara lain yang akan kamu buat) lalu gambar ulang dengan menggunakan spidol. Gambar peta dua kali



hasil setelah peta digambar. JANGAN LUPA gambar peta dua kali ya!


STEP 2
1. Karena saya menggambar di satu kertas yang sama maka gunting terlebih dahulu.
2. satu kertas , gunting gambar yang sudah digambar per provinsi , sedangkan satu kertas lagi simpan terlebih dahulu, JANGAN DIGUNTING


STEP 3
1. Gunting kain menjadi potongan kecil
2. Beri lem di atas kertas minyak yang digambar / yang ada spidolnya
3. tempel kain diatas kertas minyak
4. Setelah kering lalu gunting sesuai dengan garis gambar


Ini hasilnya setelah kain ditempel di atas kertas minyak lalu digunting


STEP 4
Potongan peta kain tersebut ditempel lagi diatas peta yang masih utuh dengan lem uhu


STEP 5
Lalu setelah ditempel gunting peta tersebut sehingga nanti menjadi satu bagian utuh pulau Jawa


Ini dia hasilnya setelah peta digunting. Jadi deh peta Jawa yang terbuat dari kain bermotif


STEP 6
Setelah selesai tempel peta Pulau Jawa tersebut di scrapbook kalian. 

Anyway, Membuat peta ini cocok untuk di scrapbook akordion ukuran A4, kalau kalian buat peta nya di scrapbook akordion di buku A5 mungkin kalian bisa print sendiri peta tersebut ga usah dari buku atlas yang ada di toko buku


STEP 7
Tempel kancing sebagai tanda untuk ibukota provinsi. Untuk tata letaknya bisa dibandingkan ke peta

Sebenarnya selain dengan kain, bisa juga dengan kertas bermotif, tergantung dengan kebutuhan teman-teman mau buat seperti apanya. cocok buat temen yang misalkan punya hubungan LDR bisa buat isi scrapbooknya hihi 

Out of topic, Pertengahan Juli lalu saya sudah pindah kerja, coba cari pengalaman baru. Bener-bener pengalaman baru buat saya. Ini pekerjaan kedua saya setelah lulus kuliah, dan pekerjaan pertama di Bandung. Dulu saya suka celoteh 'duh hidup gue cuman stuck di Depok ya di Bandung ya di Jakarta atau engga Bintaro. ah bosen' udah stuck di 3 provinsi itu. Tuhan kasih sesuatu baru, pekerjaan baru ini mengharuskan saya keliling beberapa daerah di Jawa Barat. contohnya ya, bisa saja pagi-pagi saya ke daerah di kabupaten Subang, siang bisa aja sudah di daerah kabupaten Bekasi as you know Kabupaten Bekasi itu LLUUUUAAASSS BANGET haha nah sore bisa aja mampir ke kabupaten Purwakarta ga menentu jadwalnya .. tapi dijalanin aja , dapat pengalaman baru, jalan ke daerah baru.

Bunga kertas yang bertahan di panasnya Purwakarta

Abandoned playground in Karawang

Karawang also known as one of major rice production source in West Java

'He who builds a mosque in the way of Allah SWT, Allah SWT will build a house for him in the paradise'
Mesjid Baitul Ilmi di SMAN 1 Cabangbungin Kabupaten Bekasi
MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!
XXX

You Might Also Like

0 comments

Subscribe