Membuat Scrapbook: Menghias Foto - Pop Up in Envelope

9/04/2017 09:09:00 AM


Halo semuanya! Yes!! kalau memang sudah niat untuk menulis dan usaha pasti selesai juga. Akhirnya total tulisan untuk tahun ini sudah melebihi tahun lalu. Doakan semoga saya selalu diberikan kemauan kuat untuk menulis hihi ... back to our topic, this time I want to share about : POP UP! Ya ga Pop Up banget sih tapi ada deh sedikit, kali ini saya mendapat ide saat kakak dari teman baik saya menikah. Mereka menggunakan media amplop untuk menghias foto mereka yang akan dipajang saat resepsi pernikahan. Saya pun langsung berbinar liat ide baru ini and FYI I never saw like this in tumblr or we heart it
And as you can see, our model again and again is (EX) MONDAY COUPLE. EHM. Buat penggemar Running Man pasti tahu banget kalau Monday Couple ini sudah bubar, yap BU-BAR. Tapi apa daya saya buat amplop ini sekitar 2 tahun lalu dan baru selesai sekarang. Baiklah kita mulai tutorial ini



Apa yang kalian butuhkan, pertama kalian siapkan :
1. Kertas Spektra
2. Origami Paper
3. Lem UHU
4. Gunting
5. Pensil dan penggaris
6. Double tape dan selotip

Untuk amplop, saya akan menjelaskan macam-macam amplop yang saya buat. Jadi teman-teman sekalian punya macam pilihan.

- AMPLOP 1 -


STEP 1
Ambil satu halaman kertas spektra A4. Lipat menjadi dua bagian - dari kiri ke kanan/sebaliknya (lihat contoh) lalu setelah dilipat gunting sehingga menjadi dua bagian


 STEP 2
1. Lipat lagi menjadi dua bagian (dari atas ke bawah)
2. dengan menggunakan ukuran penggaris (sesuai keinginan-tapi saya biar cepat saja) buat untuk penutup amplop. ukur. lalu gunting
3. ujung kiri - ujung kanan dilipat menjadi segitiga lalu gunting
4. sisi kiri - sisi kanan tempelkan double tape lalu tempel


STEP 3
Lalu bagian atas hias dengan menempel kertas motif / kertas origami. 


- AMPLOP 2 -


Siapkan kertas spektra A4 lalu ukur 16cm x 16 cm.

Mengapa saya menggunakan kertas spektra? karena kertas origami polos yang saya miliki saat itu adalah kertas origami yang kertasnya terlalu 'shine-glossy' jadi saya pakai kertas spektra dan lebih rapih jika dilipat, menurut saya :D


lipat kertas spektra 2 kali, sehingga mendapat 4 segi empat kecil
lalu tarik ujung kertas ke titik tengah sehingga menjadi segitiga, lipat tiga kali


1. setelah selesai dilipat, buka bekas lipatan lalu ambil kertas origami. ukur sesusai amplop kemudian gunting
2. beri lem di sisi dalam amplop
3. tempel lalu putar ke sisi belakang kemudian gunting sisa kertas yang berlebih (karena bagian atas amplop berbentuk segitiga)
4. hasil setelah ditempel
5 - 6. gunakan selotip / scotch tape, tempel di bagian dalam karena hasil akan lebih rapih


ini dia setelah selesai! 

- AMPLOP 3 -


Untuk amplop ketiga, menurut saya yang ini lebih lucu bentuknya namun lumayan susah, Sejujurnya saya harus bolak-balik cari ukuran di Tumblr/Pinterest untuk membuat amplop seperti ini. Jadi untuk amplop ini teman-teman semua pertama-tama harus membuat pola terlebih dahulu. 
Kertas yang digunakan harus kertas yang berukuran A4, karena kalau menggunakan kertas origami akan kecil sekali untuk hasil akhirnya. Bisa menggunakan karton juga jika ingin tebal kertasnya.



Pertama-tama kalian harus ukur kertas kalian dengan ukuran seperti diatas. ini untuk amplop yang sizenya kecil. Jika kalian ingin ukuran amplop yang lebih besar, maka tinggal tambah 1/2 cm ukurannya. 

Setelah pola selesai dibuat maka tinggal digunting dan bisa dilipat sesuai garis sumbu

Setelah pola selesai digunting dan dilipat , ambil kertas berpola-origami paper. Sama seperti pembuatan amplop kedua maka ukur sesuai bagian dalam amplop - gunting kertas origami - lalu tempel dengan menggunakan lem uhu. Untuk menyatukan sisi lainnya gunakan selotip/scotch tape.


Hasil akhirnya, ini salah satu amplop favorit saya


Setelah amplop selesai dibuat jangan lupa print foto yang akan digunakan! gunting sesuai ukuran badannya ya, atau mungkin kalau dibuat seperti foto polaroid juga menarik. Bagian belakang pun tidak lupa dihias dengan kertas motif dan hiasan-hiasan kecil lainnya.


Tidak hanya foto, bisa juga disisipkan note / surat kecil di dalam amplop. Jangan seperti saya yang menggunakan kertas dari buku tulis. kurang cantik, ini hanya sekedar contoh saja :D


Hasil akhir lainnya!


Ada tips dari saya agar foto/gambar yang disisipkan ke dalam amplop terlihat lebih 'bangun' atau 'pop up' dengan tidak menggunakan double tape yang tebal. yaitu menggunakan kertas biasa bahkan saya menggunakan sisa kertas dari pembuatan amplop sebelumnya.

lipat kertas menjadi 3/4 zigzag atau seperti anak tangga. Setelah selesai tempel kertas tersebut dibagian atas foto/belakang foto bagian kepala lalu tempel ke dalam amplop. 



“Love can be expressed in a myriad of different methods, but the most timeless and most treasured will always remain the classic love letter.” 
― Auliq Ice


Out of topic, sebelum saya pindah ke Bandung saya selalu mengirim surat kepada teman-teman saya. Baik yang ada di luar negeri atau bahkan di Jakarta dan juga kirim kartu pos! Di jaman sekarang yang serba online/eletronik tidak ada salahnya sekali-kali kembali ke masa lalu, menulis surat menuangkan kata-kata yang tidak bisa diucap sebelumnya. Menyenangkan loh!

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!

You Might Also Like

1 comments

  1. Kalo scrapbook nya udah cantik gini berarti fotonya juga harus cantik ya jangan yang biasa-biasa aja ya hehe. nah kalo mau tampil cantik dan menarik aku ada rekomendasi produk nih dari OTWOO Kosmetik di jamin setelah pakai pasti hasil fotonya sama cantiknya deh dengan scrapbook yang juga cantik

    ReplyDelete

Subscribe