Membuat Scrapbook: Cover scrapbook - Fruit Stamp

10/22/2017 04:37:00 PM


How are you guys? Alhamdullillah semakin sering posting di Scrapterra. This time I want to share about how to make scrapbook cover with fruit stamp. Well actually secara harafiah ga cuman buah sih tapi juga dengan sayur. Mencari ide tidak hanya cuman lihat-lihat Tumblr atau Pinterest tapi saya belajar ini waktu saya masih mengajar di TK. Sederhana tapi lagi 'Happening'  di kalangan anak muda Fruit Pattern. Buat yang bingung cari ide buat cover dan males gunting-tempel maka ini ide bagus buat kalian! 
WHAT DO YOU NEED
------------------------------------------------------------------------------

Of course Fruits! Such as Apple - tips saya pakai Apel Malang , Lemon , Fruit Star
Potatos (this is the most important) , Pokchai




Cat - Cat air , cat akrilik , pallet dan kuas
pisau dan talenan
karton putih ( bisa juga kertas dari buku gambar A3 ) karton duplek dan kertas spektra

ps: siapin juga koran ya! supaya nanti kalau kotor tinggal cat tinggal buang kertas korannya!


HOW TO MAKE IT?
Potong apel malang menjadi dua bagian
oleskan cat diatas apel, oleskan yang banyak ya! -
lalu stempel/dicap diatas kertas. tekan yang lama , jangan langsung dilepas , lakukan berulang jika ingin membuat pola


dibawah adalah contoh lain yang saya buat dengan warna hijau muda diatas media kertas spektra abu-abu


Lalu kalian bisa melanjutkan hiasan lainnya, karena saya membuat pola apel maka saya menggunkan cat air untuk menggambar tangkai dari buah apel dan daun kecilnya juga. Jangan takut untuk bermain dengan warna!


dibawah ini contoh pertama saat saya buat, well it's kinda failed but learn from mistake! seperti saya bilang diawal cat digunakan memang harus ekstra banyak tapi nanti ada tips lain !


ANOTHER IDEAS
sayuran pokchai bagi saya identik dengan teman campuran yang pas untuk Indomie! jangan langsung buang bagian bawah sayuran pokchai kalian karena bagian bawah sayuran pokchai bisa kalian gunakan untuk membuat cover scrapbook. Bagian bawah pokchai bisa digunakan sebagai stempel alami motif bunga - bunga mawar. langkah-langkah membuatnya sama sepert diatas!


Lalu ada belimbing, si buah ikon kota Depok! bentuknya jika buah tersebut diiris akan terlihat seperti bintang. Jika sebelumnya saya terpaku menggunakan hanya 1 cat - 1 warna maka kali ini saya menggunakan berbagai warna biru - dengan tambahan kombinasi tambahan putih dan sedikit hitam. Campur beberapa biru sehingga menghasilkan gradasi warna.
Mungkin di tutorial yang saya berikan saya selalu menggunakan satu warna konstan, tapi kalian jangan ragu untuk membuat pola dari stempel ini dengan berbagai warna.



This one is my favorite
Dengan media kentang kita bisa membuat berbagai stempel! salah satunya membuat semangka. Cukup memotong kentang dengan bentuk segitiga atau memotong kentang menjadi empat bagian ( potong secara vertikal ) maka terlihat seperti slice of watermelon 


ini tips yang mau saya bagikan
Jika saat hasil stempel kurang memuaskan, jangan menyerah terlebih dahulu! Dengan bantuan kuas kita menambah warna tapi tidak dengan 'mewarnai' - Sepert melukis tapi lebih ke -tap tap bagian yang kosong dengan kuas jadi hasilnya tetap seperti hasil stempel ATAU menstempel ulang bagian sebelumnya.


Ini hasilnya - before and after


Hasil akhirnya


Untuk touch up terakhir! Menyampul karton duplek dengan hasil karya fruit stempel lalu disampul plastik juga. Gunakan sampul plastik mika. sampul plastik mika bisa didapat di toko ATK / toko buku. Bagian belakang hasil sampul ditutupi dengan kertas spektra yang ukurannya tidak sebesar ukuran cover.


Ini hasil beberapa stempel buah yang sudah saya buat.


--------------------------------------------------------------------------------------


My kind of scrapbook starter

내가 제일 좋아하는 건 여름의 너
My favorite is you in the summer
Saat saya membuat tutorial ini saya mendengarkan lagu dari Red Velvet - Red Flavor. Fruit Theme yang mereka gunakan dalam konsep albumnya juga menjadi ide tambahan dan bahkan Image Gif  yang saya taruh di awal bagian tulisan adalah salah satu bagian dari Music Video mereka!


kenalkan ini anak kucing yang lagi ganggu saya waktu buat stempel ini, dia tiduran di atas kertas dan kuas. untungnya dia mau diajak selfiecat sama saya hihi miaaww

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!
XXX

You Might Also Like

0 comments

Subscribe