membuat scrapbook: konsep awal

3/23/2013 02:35:00 PM

HOLA! kali ini saya mau share beberapa tips pembuatan scrapbook. bebrapa kali saya pernah mendapat pertanyaan: "pertama kali dilakukan pas bikin scrapbook itu apa?" hal pertama yang kita lakukan adalah membuat konsep. seperti bikin scrapbook ulang tahun atau anniversary. kemudian hal kedua yang dilakukan adalah membuat (seperti) mind map. fungsi mindmap ini adalah tahap-tahap atau konten yang akan diisi.


Pertama kita tentukan deadline. minimal kita butuh 2bulan untuk membuat scrapbook (tergantung aktifitas sehari-hari). setelah itu kita tentukan konten atau isi scrapbook kita. ini penting agar kita tahu apa saja isi scrapbook kita nanti, mengetahui foto yang akan dicetak nanti. fungsinya sendiri agak kita tidak lupa/tertinggal saat mengerjakan scrapbook.



dibawah ini adalah contoh mindmap yang saya buat sebelum membuat scrapbook. enam kertas ini untuk satu scrabook loh! jadi saya tahu apa saja foto-gambar saya butuhkan. setiap orang memang punya cara tersendiri namun mungkin cara yang saya gunakan bisa membantu teman-teman yang hendak membuat scrapbook.


  1. daftar foto yang digunakan. termasuk foto untuk halaman depan, foto tempat, foto tokoh, atau foto teman-teman.
  2. isi scrapbook: misalkan untuk scrapbook anniversary --> bisa membuat foto kaledioskop. foto kalian dari awal jadian sampai anniversary dengan dicantumkan tanggal foto tersebut. bisa juga foto saat kalian merayakan lang tahun pasangan, foto benda yang pernah kalian dapat, foto tempat yang kalian pernah kunjungi.
  3. susunan halaman. misalkan 1lembar kertas=2halaman. halaman 1a(halaman depan) untuk cover halaman 1b kosong. hal 2 gambar yang saya buat. dst
  4. daftar foto
  5. daftar tulisan. kebetulan waktu itu saya mau buat tulisan "I love you" dalam berbagai bahasa
  6. boleh juga di dalam scrapbook kita membuat data pribadi masing-masing agar kita semakin tahu bagaimana pasangan kita hehe (yang ini opsional)
intinya ga harus sama seperti ini tapi dengan cara ini mungkin bisa membantu teman-teman saat membuat scrapbook.

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK!!

You Might Also Like

1 comments

  1. bagus banget,
    aku juga lagi usaha bikin scrapbook, bahan seadanya..
    cuma kertasnya di print, jadi kalo kena air bisa luntur :((
    kalo ringnya itu cari dimana ya?

    ReplyDelete

Subscribe