membuat scrapbook: picture text

12/27/2013 05:23:00 PM

Long time no see !! finally akhirnya bisa posting lagi, terlalu banyak alasan kenapa hiatus dari tutorial scrapbook. masalah ide jangan tanya, banyak banget tapi sayang waktu tidak mendukung dan fasilitas huhu. ok kali ini saya  mau posting tentang how to make a picture text:


ini beberapa contoh picture text yang saya pernah buat, sebenarnya masih banyak cuman sayang ada di almarhum laptop saya yang baru hiks hiks ... 


kenapa saya pilih ini? karena saya akhir-akhir ini selalu menggunakan picture text buat scrapbook. contohnya kayak di scrapbook kaledioskop . kalau dilihat lagi, saya pake picture text buat tulisan: Juni 2013. menurut saya ini lebih hemat waktu dan biaya. why? satu hemat waktu karena ga usah cari misalkan huruf-huruf dari majalah buat hiasan dan juga biaya karena dapat desain yang sesusai selera dan tinggal di-print aja deh.nah tadaaa ini step how to make a picture text 

STEP 1
Buka Adobe Photoshop -- klik  File -- New -- Setting Preset: Photo , Size: Landscape  4x6 ( Ga harus landscape 4x6, bisa macam-macam ) 


STEP 2
klik Horizontal type tool (T) -- lalu buat kotak secukupnya dan kemudian ketik kata yang ingin dibuat Picture Text. contoh: Scrapbook


STEP 3
sesudah selesai dengan step 2, klik File -- Place -- lalu pilih file gambar yang diinginkan
( sebelumnya kita download dulu beberapa gambar di google :D )


STEP 4
setelah memilih gambar yang pingin dipake di picture text, kita ke kolom kanan bawah. di file fotonya kita klik kanan -- Create Clipping Mask


ini tampilan setelah mengklik Create Clipping Mask


STEP 5
Lalu agar semakin menarik kita tambah picture lainnya. caranya sama seperti di STEP 3-4


STEP 6
Agar kedua picture kelihatan percampurannya kita atur Opacity dan Fill nya. Keduanya ada ada di kolom kanan bawah. aturannya sesuai selera.


STEP 7
Setelah dari Opacity-Fill diatur, kita kembali ke teks. teks klik kanan -- Blending Option ...


STEP 8
Klik Drop Shadow -- Klik kotak warna di sebelah tulisan Blend mode -- Atur Distance - Spread - Size . Untuk contoh kalian bisa ikuti persis di step 8 ini


STEP 9
Setelah mengatur Shadow-nya. kita ganti warna background. tidak harus diberi warna - putih juga bagus tapi pada akhirnya tergantung selera :D
Tools -- Paint Bucket Tool (pilih warna sebelum mengklik Paint Bucket Tool)


Ini hasil setelah diberi Paint Bucket dengan warna pink :D


STEP 10
Tools --Croop Tool
crop jika ingin agar picture text semakin jelas



STEP 11
File -- Save (Ctrl+S)
Jangan lupa save picture text yang sudah kalian buat ! 


Ini dia hasilsnya ....
TADAAAAAAAAAAAA


Oiya ini tips saya kalo buat picture text: saya suka menggabungkan Motif Space dengan Flowers. agak unik buat saya. atau kalian juga bisa pake foto loh. misalkan picture textnya: nama saya (Chandra) kemudian untuk picture-nya saya pake kumpulan foto saya. menarik untuk dicoba buat scrapbook kalian!

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK !!

You Might Also Like

1 comments

  1. Kenapa menu Place nya ga bisa di klik ya?
    Mohon pencerahannya😁

    ReplyDelete

Instagram

Twitter

E-mail

E-mail

Subscribe