Ekspedisi Perpustakaan : Perpustakaan provinsi jawa barat DISPUSIPDA

1/11/2018 11:13:00 AM


Halo teman-teman pembaca Scrapterra! SELAMAT TAHUN BARU 2018 semoga di tahun ini Scrapterra bisa lebih banyak posting banyak tulisan lagi, baik tentang scrapbook atau ekspedisi perpustakaan. Di awal tahun ini tahun ini saya akan membahas hasil ekspedisi perpustakaan. Perpustakaan yang saya kunjungi adalah Perpustakaan Provinsi Jawa Barat yang lokasinya berada dalam kawasan kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat. Perpustakaan ini berada di Jalan Kawaluyaan Indah II no 4. Tips pertama saya adalah jika mau kesini gunakan transportasi online entah mobil atau ojek karena jalan menuju ke dalam memang tidak terlalu jauh naman sangat tidah ramah bagi pejalan kaki atau bisa juga dengan naik becak.


Untuk jam buka perpustakaan :

Senin s/d Jumat : jam 08.00 - 20.00 WIB
Sabtu : jam 08.00 - 16.00 WIB
Minggu/Hari Libur : TUTUP

Untuk jam istirahatnya, dari jam 12.00 s/d jam 13.00 sedangkan untuk hari Jumat dari jam 11.30 s/d jam 13.00 nah selama istirahat maka ruangan perpustakaan akan ditutup. sehingga sebaiknya jika ingin datang usahakan sebelum atau sesudah istirahat.
Seorang anggota perpustakaan hanya bisa maksimal meminjam 3 buku, sedangkan untuk masa peminjaman maksimal 14hari/2minggu dari sejak hari peminjaman dan jika telat mengembalikan buku akan dikenakan denda sebanyak Rp 300,- per buku-per hari. 
Ketika mau masuk ke dalam teman-teman wajib mengisi 'buku tamu online', ini berlaku untuk semua pengunjung yang bukan anggota atau non anggota. Lalu ada meja besar , jangan salah teman-teman ini bukan resepsionis melainkan layanan untuk pengembalian buku pinjaman. Di sebelah kanan dari buku tamu online, ada pojok gubernur.

Jika berjalan menuju tempat penitipan tas ada lobby dari perpustakaan. Disini disediakan sofa untuk duduk dan ada kotak khusus menigisi ulang daya baterai handphone.



Pengunjung perpustakaan diwajibkan untuk menitipkan tas. Untuk kunci loker bisa minta ke pihak yang bertugas, tidak dipungut biaya. Disebelah petugas loker ada juga kotak layanan pengembalian mandiri untuk buku yang akan dikembalikan.


Di lantai satu ada ruang baca anak dan keluarga. Berbeda dengan ruang baca lainnya yang buka buka dari jam 08.00 sampai dengan jam 20.00 ruang baca khusus anak hanya buka sampi dengan jam 16.00 setiap harinya.


Ruang baca anak dibagi beberapa kategori , seperti buku agama, kesenian, buku pelajaran, sosial bahkan karya umun. Didalam ruang baca anak keluarga ada juga ruang referensi anak. Tempat baca nya pun nyaman , dengan kursi yang sesuai untuk ukuran anak. 


Ruang referensi tidak dipasang sekat hanya dibedakan dari tesktur karpet yang digunakan. Buku-buku yang ada di ruang referensi seperti buku sains baik dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, buku untuk balita - dan tidak boleh dipinjam hanya untuk dibaca ditempat.



Yang menarik dari ruang baca anak adalah adanya mural yang menceritakan bagian-bagian dari cerita rakyat anak-anak, selain itu ada tempat bermain meski hanya sebuah perosotan tapi tetap menyenangkan bagi anak-anak dan aman bagi anak-anak karena lantai dialasi dengan karpet tebal.


And look what I've found! KOMIK yes they have a lot comics! selain itu ada juga komik-majalah Donal Bebek dan majalah khusus anak. Jangan khawatir, di dalam ruangan disediakan alat peraga edukasi dan meja kayu lipat untuk anak-anak jika ingin membaca buku jika tempat sedang penuh.


Naik menggunakan lift, menuju lantai dua. begitu lift terbuka kita disuguhkan BI Corner. Di BI Corner disediakan tempat membaca tentang buku-buku keuangan. selain itu diluar juga disediakan sofa untuk duduk diskusi.



Di lantai dua terdapat dua ruangan, kedua ruangan tersebut adalah ruang baca dewasa. yang membedakan ruangan adalah pembagian buku.  Tidak boleh menggunakan sepatu, sepatu harus lepas dan disediakan rak sepatu. Begitu masuk ruangan harus mengisi buku tamu ( bisa manual dengan menulis atau online menggunakan komputer - berlaku untuk semua ruangan baca berbagai lantai ) 


Ruang Baca Dewasa 1 terdiri dari buku-buku yang memiliki klasifikasi subjek ilmu pengetahuan ( sesuai sistem persepuluhan Dewey ) dari angka 000 sampai dengan 500.
000 : karya umum
100 : Filsafat dan Psikologi
200 : Agama
300 : Ilmu-ilmu sosial
400 : Bahasa
500 : Ilmu murni



Ruang bacanya pun cukup nyaman namun jika teman-teman ingin membawa laptop harus menggunakan di meja besar. meja-meja hijau ini hanya untuk membaca buku, dan maksimal 3 buku yang dibaca di meja.


Ruang baca dewasa 2 menyediakan buku-buku dengan klasifikasi angka dari 600 sampai dengan 900. diruangan ini pun disediakan komputer namun komputer ini hanya disediakan untung akses E-Book tidak untuk browsing informasi. Ruang ini menyatu dengan ruang kantor administrasi peprustakaan. kekurangan dari ruangan ini hanya lebih gelap dan kebih kecil. 


Ruang Baca Dewasa 1 terdiri dari buku-buku yang memiliki klasifikasi subjek ilmu pengetahuan ( sesuai sistem persepuluhan Dewey ) dari angka 600 sampai dengan 900.
600 : Ilmu terapan (teknologi)
700 : olahraga dan seni
800 : kesusasteraan
900 : geografi dan sejarah


Di lantai tiga, teman-teman bisa membuat kartu anggota perpustakaan, dan tidak dipungut biaya sama sekali. Biodata isi di komputer Jika sudah nanti akan ada petugas yang membuat foto. kebetulan saat itu saya mendapat kartu putih polos, seharusnya yang berwarna kuning. kebetulan saat itu habis tapi jika kembali lagi saya akan mendapatkan yang baru. Ini syarat-syarat menjadi anggota perpustakaan :
    1. Jangan lupa bawa fotocopy KTP, dan jika teman-teman tidak berdomisili di Bandung harus melampirkan surat keterangan domisili dari RT/RW setempat. 
    2. Melampirkan fotocopy orangtua bagi pelajar yang belum memiliki KTP serta fotocopy Kartu Pelajar
    3. Melampirkan pas foto terbaru berwarna ukuran 2 x 3 satu lembar


    Di sebelah kiri ada Ruang Baca Referensi. Ruang ini terdiri dari autobiografi , buku-buku tentang peristiwa, sejarah, geografi atlas, kamus bahasa - kamus daftar istilah, ensiklopedia, sampai dengan karya kesustraan bagkan dokumen negara dan perundang-undangan. Semua buku HARUS baca ditempat, tidak bisa dibawa pinjam pulang. 


    Ini dia, kamus kebanggan saya! haha Perpustakaan memiliki banyak kamus Indonesia-Belanda namun untuk Belanda - Indonesia mereka hanya miliki kamus saku, sayang sekali ...


    kumpulan peraturan perundang-undangan


    Selain itu disediakan pula berbagai surat kabar. Saat saya sedang kesana surat kabar sedang diarsipkan/dibereskan (?) dipilah berdasarkan bulan pengeluaran. Di ruang referensi disedikan pula ruang khusus diskusi - ruangan tersebut dibelakang tumpukan koran-koran. 
    Peraturan menggunakan ruangan diskusi :

    1. Menjelaskan terlebih dahulu kepada petugas , tema atau bahan diskusi yang akan dibahas diruang diskusi
    2. Ada pendamping - misalkan dosen atau guru yang bersangkutan
    3. Menjaga kebersihan, ketertiban ruangan
    4. Minimal 5 orang pengguna
    5. Jika ruangan disalahgunakan - maka petugas berhak mengusir pengguna ruang diskusi
    6. Bila sudah selesai harap menghubungi petugas dan menjelaskan hasil diskusi/konsultasi


    Beberapa majalah pun disediakan


    Untuk ruang bacanya tidak jauh berbeda dengan dengan ruang baca di lantai dua, hampir sama. 


    Nah, Di depan ruang referensi ada ruang baca remaja. Jangan kaget karena hampir kebanyakan yang datang dan ada di ruangan tersebut adalah pelajar SMP / SMA. Sayangnya ruangan ini lebih gelap padahal banyak pelajar yang benar-benar baca buku dan belajar disana


    Buku yang disediakan pun bermacam-macam bahkan ada komik lagi dong! hehe cuman setelah saya perhatikan komiknya pun berbeda dengan komik yang ada di ruang baca anak. Komik yang ada di ruang baca anak seperti komik detective ( sayang ga ada detective conan huhu ) atau tentang tokoh. lalu tentu saja ada buku pelajaran, novel fiksi serta novel-novel dalam bahasa inggris juga ada..




    a little selfie won't hurt anybody, right?



    Salah satu kesukaan saya dari Perpustakaan Dispusipda ini adalah Hall of Fame, Panggung Inohong! Kalau lagi ke perpustakaan ini wajib banget mampir dulu ke sini. Ruangan ini berada di lantai satu, bersebelahan dengan runag baca anak dan keluarga.


    Untuk lantai empat, ada Graha Pustaloka, semacama ruang auditorium dan ada ruang pertemuan dan ruang tunggu VIP. 


    Begitu keluar dari gedung perpustakaan ada semacam taman / teras diluar. Kalau perpustakaan sedang istirhat teman-teman bisa duduk membaca buku disini. 




     MARI MEMBACA BUKU
    MARI KE PERPUSTAKAAN!

    You Might Also Like

    0 comments

    Subscribe