membuat scrapbook: edisi scrapbook anniversary

8/14/2014 01:12:00 PM


Anyong! kali ini di scrapterra saya akan membahasa salah satu bagian yang bisa kalian buat di scrapbook untuk anniversary. sebenarnya ini simpel dan lumayan bisa menuhin scrapbook kalian. pada posting kali ini saya pakai model my favo couple all the time Monday Couple, Song Ji Hyo dan Kang Gary. tutorial ini bisa dibuat di segala macam tipe scrapbook. ini semacam album foto selama 1 tahun pacaran (bisa juga 2 tahun atau lainnya), kemudian pilih 1 / 2 foto untuk mewakili satu bulan. dihitung dari awal masa jadian, jadi bakal ada 12 foto untuk 12 bulan kira-kira seperti itu. tanpa basa-basi lagi mari kita cek cara membuatnya!

STEP ONE
untuk kali ini kita pakai bantuan microsoft office seperti words. karena saya memilih mengetik di komputer kemudian print ketimbang tulis sendiri karena hasilnya akan rapih dan bagus.
1. buka words - insert - shapes - basic shapes - pilih simbol persegi
2. setelah dibuat di halaman klik kanan, format auto shape - size , kalian atur ukurannya. jika scrapbooknya menggunakan kertas A4 maka ukurannya bisa 4.04'' (ukuran inch). setelah buat satu bisa dicopy-paste 
3. kemudian untuk tulisan nama-nama bulan, words - insert - table - ukurannya bisa 4 x 3. 

kemudian kita tulis, biar unik kalian bisa download dulu berbagai font. tulisan ini untuk mewakili cerita dalam satu foto. misalkan bulan Januari saat kalian baru pacaran, belum ada foto berdua bisa pilih foto tempat kalian pacaran. 



untuk bulan saya menggunakan bahasa berbeda-beda bisa kalian lihat sendiri


STEP TWO

untuk judulnya saya mau buat ' today i have loved you for 365 days ' biar bagus saya buat picture text dulu di photoshop. untuk bagaimana buatnya kalian bisa buka tutorial: membuat picture text. sisanya saya cari huruf lainnya untuk kata 'i', 'have' dan 'you' dari potongan majalah. kemudian saya print, say print pakai kertas A4 HVS biasa.

kemudian jika selesai dengan yang dibuat di Microsoft Office Words jangan lupa di print. jika ingin bagus kalian print di kertas spektra A4. karena bagus kertasya tidak hanya putih. atau alternatifnya kalian pertama-tama print di kertas biasa kemudian di foto-copy ke kertas A4 spektra.

tips: jika kalian punya mesin tik juga bagus loh. memberikan efek vintage di scrapbook kalian :)


kemudian kalian jangan lupa siapkan foto yang mau ditempel di scrapbook kalian. ini foto-foto dari Monday Couple yang saya gunakan untuk tutorial scrapbook kali ini.
untuk ukuran foto kalian sebaiknya pilih ukuran 2R+ atau 2R


ini hasilnya setelah words + picture teks + foto sudah di print kemudian digunting dan ditempel di dalam scrapbook... saya susun dari Januari sampai Desember, sususan bulan tergantung dari lamanya kalian pacaran yaa tidak harus dimulai dari Januari :D





lalu ketika semua sudah di print apa saja yang kalian butuhkan untuk menghias scrapbook?



1. Kancing (bisa juga dengan paper clip )
2. origami paper motif
3. gunting
4. lem uhu (double tip juga bisa)
serta majalah untuk huruf di dalam judul

setelah picture text di-print maka di gunting, cara menghias yang saya lakukan:
1. lem 'today' terlebih dahulu
2. lem origami paper dibawah tulisan 'today'
3. lem 'loved' kemudian lem pula kancing disisi ujung gambar
4. lem ' for' kemudian bawahnya juga untuk '365 days'
5. gunting huruf untuk kata 'i', 'have' dan 'you' kemudian tempel di scrapbook





setelah words + foto diprint kemudian gunting, cara menghias yang saya lakukan:
1. lem paper origami, setiap bulan memiliki latar paper origami yang berbeda.
2. lem foto, bisa juga 2 foto namun tergantung ukuran foto
3. lem tulisan 'bulan' di belakang tulisan words, namun juga kalian bisa pilih sendiri posisinya
4. lem words di scrapbook
5. beri hiasan kancing di setiap foto
6. saya hias dengan gambar bunga yang pertama-tama saya google dulu berbagai gambar bunga dengan format PNG. kemudian di print

MARI MEMBUAT SCRAPBOOK (ANNIVERSARY)
good luck !

You Might Also Like

3 comments

  1. Terimakasih. artikelnya membantu sekali. Silahkan kunjungi www.greenmommyshop.com yang menyediakan kosmetik organik yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  2. Artikelnya bagus & sangat membantu.

    ReplyDelete

Subscribe