membuat scrapbbok: scrapbook akordion

1/13/2013 01:51:00 PM

Scrapbook ini saya bilang scrapbook akordion soalnya bentuknya kayak akordion. Kalo ini saya beli di Paper Studio sekitar tahun 2010, kalau sekarang kayaknya udah ga ada lagi. Scrapbook ini kado ulang tahun saya dan teman-teman (cila-dita-emon) buat Echa. Jadi ga pure buatan saya sendiri karena masing-masing dari kita bikin desain sendiri tapi saya mau share buat pembaca buat dijadiin inspirasi kalau lagi bikin scrapbook :D

Ini tampak depannya, aslinya itu ga ada foto-foto dan gambar J-Cool, polos ga ada apa-apa cuman karet kuning sebagai tanda halaman depannya. itu karet fungsinya seperti penahan biar ga gampang kebuka. cuman saya kasih foto kita berlima biar tahu itu dari teman-temannya
 

ini tampak depan-belakangnya, polos aja. yang belakang saya tempelin potongan karton kecil yang saya tulis nama echa: Nadya ♥ echa. itu kalo karetnya udah dibuka seperti ini tampak depan-belakangnya.
menurut saya covernya terbuat dari karton tebel yang kayak buat undangan itu, tebalnya sekilar 5mm. kertasnya pun karton hitam, kertas favorit saya



ini tampak depannya, jadi ini kertasnya panjang ga putus, kalo dari pinggir bentuknya seperti huruf Z bertumpuk. halalam depan ada 6 kalo belakang ada 4 (Berkurang dua karena ada covernya) ini cocok buat yang nyoba bikin scrapbook pertama kali :) bisa untuk scrapbook ulang tahun ke pacar, sahabat, atau adik-kakak. oia ukuran scrapbook ini ukuran A5.
Halaman depan: foto-foto echa, foto-foto berlima bareng, dan foto+cerita dari masing-masing.
Halaman Belakang: ucapan ulang tahun kita




Ini halaman pertama dari scrapbooknya.karena keterbatasan tempat jadi cuman nempelin 3 foto aja. kita cuman nempelin foto-foto yang pernah jadi Profile Picture echa di Facebook hehe .. karena sebelumnya juga di scrapbook satu lagi saya udah pernah cetak+nemepellin foto dia masih kecil jadi cukup foto yang terbaru aja kalo scrapbook yang ini :D
Belakangnya saya tempelin kertas origami motif, ukurannya sekitar 10x 10 cm kalo ga salah dan beberapa kancing seperti biasa dan saya tulis "happy birthday" di kertas daur ulang pake spidol terus itu saya robek ga pake gunting.
saran saya kalau mau nempelin foto pake lem Uhu soalnya ga basah di kertas kalo ditempel- ga berbekas di kertasnya, hasilnya bagus. kalau enggak pake double tip pilihan lainnya.



ini halaman keduanya, galeri foto kita berlima. kebanyakan kita foto komplit berlima pas wisuda SMA sama prom jadi ya itu semua yang dicetak dan fotobox kecil! HAHA
beberapa gambar saya ambil dari majalah buat ornamen hiasannya dan manik-manik. tulisan "Jago Nulis Cerpen" saya ambil dari majalah scrapbook, kebetulan Echa hobi nulis jadi saya tempelim ini
pinter-pinter cari gambar atau tulisan di majalah, lumayan buat ini scrapbook kita nanti


nah ini cerita dari kita setiap foto, yang hiasa pun masing-masing biar unik. karena masing-masing nulis biar cepet kita tulis di kertas terpisah, kertas yang digunakan adalah kertas spektra. kita tulis pake spidol item nah buat hiasan lainnya kita pake crayon minyak (kayak pentel-titi) ada gambar juga dari majalah bekas seperti punya saya (yang kertas spektra ijo) sama kancing & manik-manik.



Last but not least, ucapan dari kita di halaman belakangnya. Sama seperti diatas, untuk penulisan dan hiasan dll kita bikin sendiri-sendiri. tapi setiap ucapan ada kertas yang ditulis dengan nama kita (marsya-chandra-andita-nadya) terus kita pake foto kita (foto ktp-pelajar-fotobox ukuran 3 x 4) sama foto kita bareng bedua sama echa.
kalo saya sendiri nempelin fotobox berdua, maklum kita berdua suka fotobox dulu waktu masih SMA heh. kertasnya tetep pake kertas spektra dengan tambahan kertas scrap (kertas tipis yang suka digunakan dulu waktu karnaval, kertas yang kalo kena air warnanya mudar) sama gambar-gambar kecil pake krayon (pake pensil warna juga bisa tapi di kertas spektra hitam, BUKAN di karton)



yang ini walaupun ga beli, bisa ko bikin sendiri. ini scrapbook versi tanpa jilid. untuk estimasi biaya: Buku [ Rp 20.000 ] cetak foto [ Rp 25.000 ]. jadi semuanya Rp 45.000. itu belum biaya kertas spektra, manik-manik, kancing, dan lem uhu. kebetulan bahan yang lain saya sudah punya jadi ga usah beli.
ayoo membuat scrapbook!

You Might Also Like

3 comments

Instagram

Twitter

E-mail

E-mail

Subscribe