membuat scrapbook: an instant scrapbook

1/10/2013 10:03:00 PM

Finally!! Akhirnya saya bisa posting lagi dan tentu aja postingan tentang scrapbook. Scrapbook ini saya buat untuk teman saya. Scrapbook ini berbeda soalnya waktu pengerjaannya singkat dan saya suka bilang kalo ini karya scrapbook saya yang 'instant' bukan berarti langsung jadi sehari tapi waktu pengerjaannya kurang dari sebulan sehingga dibanding scrapbook lainnya hasilnya bagi saya kurang maksimal karena kepepet...


Ukuran scrapbboknya: kertas A5 sekitar 21,1cm x 15cm kalo ga salah. kertas yang dipakai kertas spektra warna oranye-kuning-hijau dan beberapa kertas HVS putih. Untuk covernya saya gunakan dua macam kertas daur ulang dan beberapa kancing. pertama-tama siapkan dulu kertasnya, saya bawa kertasnya dan kertas daur ulangnya dan bawa ke tukang fotocopy deket kampus buat dijilid ring. dan saya bilang ke tukangnya agar kertas spektranya dipotong bagi dua (ukuran kertas spektra dan HVSnya: A4). Hasilnya seperti ini:




setelah cover saya pake kertas tisu, kerts tisunya pun dimasukin sebelum dijilid. selanjutnya saya tempel beberapa foto, bisa juga desain foto ucapannya juga dan foto orang yang mau dikasih scrapbook. untuk hiasaanya saya pake kertas, kayak kertas lipat tapi bukan (saya lupa namanya, tapi ada di toko scrapbook ukuran dan desainnya macam-macam)


seperti biasa, elemen yang penting dalam scrapbook adalah ucapan dari teman-teman orang yang kita mau kasih scrapbook. penting untuk menjadi Stalker saat membuat scrapbook! haha. karena ukuran scrapbooknya A5 saya kesulitan untuk menempelkan fotonya. jadi saya satuin fotonya, pakai aplikasi Photoscape untuk membuatnya. nah karena saya lupa salah satu foto temennnya saya terpaksa pakai foto ktp-pelajar dia hehe, mungkin ini bisa dicoba
saya buat semacam gambar 'sign' , tulisannya: "Happy Birthday Riezky" (bisa dilihat di foto kedua dan lainnya) jadi setiap saya minta ucapan, saya minta foto mereka sambil memegang gambar yang udah saya buat. mau ga mau ini namanya niat buat datengin mereka satu-satu hahaha


selain dari teman-temannya, saya juga minta ucapan dari teman-teman saya yang satu kampus. jadi selain teman-teman orang yang mau kita kasih, bisa juga ucapan dari teman-teman kita (yang dia kenal malah lebih baik) 


dan tentunya ucapan yang paling penting dari sahabat :) 
nah untuk ucapan sebelum-sebelumnya mereka menuliskan ucapannya langsung di bukunya, karena terkejar deadline saya minta teman-temannya untuk menuliskan ucapannya di kertas terpisah, biar agak kelihatan bagus (padahal biar cepet selesai). sebenarnya saya foto mereka juga dengan gambar ucapab ulang tahun tapi ga keburu akhirnya ga dicetak, jadi estimasi waktu pembuatan sangat harus diperkirakan agar hasilnya sesuai dengan keinginan.


yang bawah ini ucapan dari sahabatnya, echa (doi sahabat saya juga, yang pernah saya buatin scrapbook juga, boleh dicek juga disini. ya kalau saya perhatikan memang penggunaan kertas hitam adalah favorit saya, unik gitu kelihatannya. nah seperti ini ucapannya yang ditempel


tentu aja, elemen penting: FOTO!! saya ambil dari facebook. harus pinter-pinter cari foto dan sabar cari foto yang bagus buat ditempel. saya pake tali tambang kecil buat hiasaanya juga. Tulisan Superfriends nya saya kutip dari judul album di facebooknya.(kalo ga salah).


yang diatas, pertama itu memang ucapan dari temen-temen baiknya dikampus, sekarang ucapan dari temen-temen kampus, temen sekelas contohnya. ya kalo gini harus niat minta ucapan ke kampusnya, sebaiknya pinter-pinter cari kesempatan kalo bikin ucapan kayak gini. ini halaman awal sebelum halaman  ucapan dari temen-temen kampusnya


dan tentu aja foto dengan gambar yang udah buat


nah ukuran kertasnya 4kali lebih kecil, kertas ucapannya disebar supaya cepet balik lagi hehe. kebetulan ucapan yang saya dapat ternyata lebih banyak oleh karena itu saya tempel kertas tambahan suapa ucapannya bisa masuk banyak. jadi bisa dibuka gitu, kayak foto dibawah ini: 
ps: jadi semakin tebal keliatannya, kertasnya warna-warni supaya kontras


scrapbook ini pun emang dibilang niat, karena saya pun niat samperin temen-temennya bahkan mantan pacarya :D kalo ini opsi pilihan. kalo kalian bikin scrapbook buat sahabat kamu, bisa banget minta ucapan dari beberapa mantannya tapi kalo buat pacar sih sebaiknya mikir dua kali, kecuali kalo doi masih berteman-hubungan baik dengan mantannya sih gpp. karena mantannya satu SMA dulu sama saya makanya saya temenan jadi saya iseng minta ucapan dari dia, yang ucapan dari mantannya di sebelah kiri, kalo sebelah kanan ucapan dari temen baik saya

selain itu saya buat kuis (contoh kuis bisa dilihat disini) isi nya itu menebak clue tentang 'siapa saya' isinya foto mantan pacarnya hehehe :D


Sebelah foto ini, saya tuliskan beberapa pendapat teman-temannya, misalkan 3 kata yang mengingatkan dengan buuk. contoh: kacamata-...-.... dll. ini bisa jadi pilihan buat isi di scrapbook. yang ini kita bisa minta via DM twitter, Message Facebook , Yahoo messenger, sms, line, bbm, whatsapp dll


yang terakhir diisi album foto, foto-foto dari sd-smp-sma, foto dengan teman-temannya, kan inti scrapbooknya itu foto. 


ya bisa dibilang saya sendiri kurang puas dengan scrapbook ini karena terkejar waktu dan banyak halangan tapi buat saya ini jadi pengalaman buat kedepannya kalo saya bikin scrapbook lagi. dari pengalaman kertas dan hiasan dan bagaimana minta ucapan dari teman-temannya. dan setiap bikin scrapbook itu memang harus niat suapay hasilnya maksimal hehe.
mari membuat scrapbook!!!

You Might Also Like

2 comments

  1. Scrapbooknya keren kak, menginspirasi (y)

    ReplyDelete
  2. makasih infonya kak. membantu banget! hihi

    ReplyDelete

Instagram

Twitter

E-mail

E-mail

Subscribe